Penyebab Diet yang dilakukan gagal

Posted on

Penyebab diet gagal –  Banyak orang yang memiliki tubuh gemuk dan berat badan lebih ingin menurunkan kelebihan berat badan nya dan tidak jarang di antara mereka gagal dalam melakukan diet, bahkan berat badan tubuh menjadi bertambah semakin gemuk. Berbagai macam cara untuk menurunkan berat badan banyak dipilih oleh orang, dan yang paling sering dilakukan banyak orang adalah melakukan diet tertentu. Diet tersebut bukan hanya dengan cara berhenti makan lalu berat badan tubuh akan turun.

cara-menurunkan-berat-badan-akibat-gagal-diet
mengurangi berat badan dan kegemukan dengan diet

Memang dengan menahan dan mengurangi jumlah asupan makanan akan mengurangi kalori yang masuk ke tubuh, tetapi ada baiknya di imbangi juga dengan mengeluarkan lebih banyak kalori di dalam tubuh dengan melakukan berbagai aktivitas fisik, seperti olahraga, fitnes, dan banyak lagi. Tubuh membutuhkan keseimbangan gizi(protein, lemak, karbohidrat, dan vitamin) untuk dapat bekerja secara optimal, dan kekurangan salah satu nutrisi penting seperti protein, tubuh bisa kehilangan massa otot – salah satu kondisi terburuk akibat diet yang salah. Untuk itu, nasehat ahli yang berkompetensi, untuk diet menurunkan berat badan Anda adalah sangatlah penting.

Sebenarnya apa saja yang menyebabkan diet tidak berhasil? Simak keempat alasan utamanya seperti :

Meremehkan asupan kalori
Banyak orang meremehkan jumlah kalori yang dikonsumsi setiap hari. Misalnya menyepelekan kebiasaan mencicipi makanan atau minuman dan menganggapnya tidak memberi pengaruh terhadap perubahan berat badan. Padahal asupan kalori bukan cuma untuk dibatasi, tetapi juga harus diawasi.

Meremehkan aktivitas
Setiap orang normalnya membakar 500 kalori setiap hari jika ingin menurunkan berat badan. Sayangnya banyak orang yang terlalu fokus pada pembatasan kalori yang masuk, bukan yang terbakar dan dikeluarkan tubuh. Padahal pembakaran kalori ini penting demi menjaga keseimbangan metabolisme.

Melewatkan jadwal makan
Diet bukan berarti Anda harus melewatkan jadwal makan seperti sarapan atau makan malam. Sebab sarapan penting untuk memberi energi pada tubuh sepanjang hari. Sementara makan malam dianjurkan agar Anda tidak kelaparan dan menghindarkan diri dari kebiasaan ngemil.

Tidur tidak teratur
Rugi rasanya jika Anda bersusah payah menyusun program diet dan jadwal olahraga teratur jika jadwal tidur masih berantakan. Sebab sudah banyak penelitian yang menyebutkan kalau kurang tidur mempengaruhi hormon dalam tubuh dan mendorong Anda untuk makan berlebihan.

Itulah alasan utama kenapa diet tidak bisa berhasil. Jangan sampai melakukannya jika ingin mendapatkan berat badan yang ideal secara menyehatkan.

source : merdeka.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.