Wow! ini Manfaat Glisin untuk Tubuh & Kesehatan

Posted on

Manfaat Glisin untuk Tubuh – Asam amino terdiri dari dua jenis yakni esensial dan non esensial. Asam amino esensial berarti ia tidak diproduksi tubuh dan hanya bisa didapat dari supan makanan ataupun minuman. Sedangkan asam amino non-esensial bisa dihasilkan sendiri oleh tubuh maupun dari asupan makanan. Asam amino sebagai pembentuk protein terdiri dari 20 macam, salah satunya Glisin. Ia merupakan asam amino dengan bentuk yang paling sederhana.

Pada kesempatan kali ini mandala.co.id ingin sedikit membagikan ulasan mengenai glisin ini, karena cukup banyak di antara para pengguna jasa maklon pembuatan minuman serbuk di tempat kami memiliki rasa penasaran tinggi akan salah satu baku minuman yang memiliki banyak manfaat dan khasiat cock dijadikan minuman fungsional

Dibandingkan dengan jenis asam amino lainnya, glisin merupakan asam amino yang paling stabil karena posisinya tidak pernah berubah dalam protein. Selain itu, glisin ini meskipun tidak dalam jumlah banyak namun peranannya tidak bisa digantikan asam amino lain. Ia sudah memiliki perannya tersendiri yang permanen dan mempengaruhi fungsi protein. Manfaat Glisin untuk Tubuh sangatlah penting karenan tanpanya, struktur protein dalam tubuh bisa mengalami gangguan. Jika terjadi hal seperti itu maka fungsi organ tubuh pun bisa terganggu karenanya.

Baca Juga :

Mendapatkan asupan Glisin Secara alami

Glisin sejatinya bisa kita temukan pada beberapa jaringan tubuh seperti jaringan ikat, jaringan otot serta jaringan kulit. Meskipun ia diproduksi dalam tubuh, namun berbagai asupan makanan juga mengandung glisin dan dapat membantu tubuh untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Tubuh memang memiliki mekanisme canggih yang bisa mengatur kebutuhan glisin. Namun mengkonsumsi makanan kaya akan asam amino juga penting. Diantaranya :

  • Ikan
  • Daging
  • Kacang-kacangan
  • Susu
  • Kedelai

 

Manfaat dan khasiat Glisin untuk tubuh

Pada dasarnya makanan yang mengandung protein tinggi juga mengandung asam amino. Karena protein dibentuk dari asam amino dan nantinya. Protein yang diserap dalam tubuh akan dipecah oleh asam amino menjadi energi. Maka, konsumsi makanan kaya protein dengan porsi yang seimbang sudah tentu menyehatkan. Berikut beberapa manfaat glisin yang bisa kita ketahui :

  1. Mengatur kadar glukosa

Kadar glukosa dalam darah harus berada dalam taraf normal, tidak berlebih maupun kekurangan. Glisin adalah salah satu dari komponen asam amino glukogenik dimana ia berperan untuk mengatur kadar glukosa. Tubuh memerlukan glukosa untuk dapat diubah menjadi energi. Sehingga peran glisin sangat bermanfaat agar tubuh tetap mendapatkan glukosa yang cukup untuk bisa menjalankan fungsi tubuh secara optimal.

  1. Mencegah timbulnya kecanduan gula

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa glisin berperan dalam membantu mengatur kadar glukosa. Jika kadar gula darah normal, maka keinginan kita untuk mengkonsumsi gula bisa ditekan. Mengkonsumsi gula maksudnya ialah mengkonsumsi makanan mengandung glukosa dan karbohidrat tinggi. Hal ini akan menyebabkan kita diabetes.

  1. Antioksidan bagi tubuh

Glisin diketahui dapat berperan sebagai antioksidan yang bagi bagi tubuh. Ia menjalankan tugasnya dengan membantu mencegah DNA dari berbagai macam kerusakan. Biasanya kerusakan tersebut terjadi karena adanya invasi dari radikal bebas. Seperti yang kita tahu bahwa radikal bebas harus dibasmi karena mereka menyebabkan bermacam dampak negatif bagi tubuh seperti kanker, penyumbatan arteri dan penuaan dini.

  1. Membantu meningkatkan massa otot

Otot diperlukan tubuh agar fungsi tubuh dapat lebih optimal. Bagi mereka yang menyukai bidang kebugaran, memiliki otot disinyalir mampu memberikan energi lebih dalam menjalani aktifitas. Glisin ternyata dapat membantu meningkatkan massa otot dengan cara merangsang creatine untuk berproduksi. Creatine sendiri adalah komponen penting dalam membangun massa otot kita.

  1. Merawat Kulit

Seperti yang telah disebutkan diatas, glisin dapat kita temukan salah satunya pada jaringan kulit. Untuk itu, glisin mempunyai peranan penting dalam kesehatan kulit. Glisin terdapat dalam kolagen kulit. Dengan begitu, glisin mampu merangsang pertumbuhan kolagen agar kulit tetap sehat, lembab dan elastis. Selain itu, glisin juga mampu membantu mempercepat penyembuhan luka dikulit.

  1. Menjaga produksi sel darah merah

Sel darah merah atau hemoglobin dibutuhkan tubuh untuk memasok oksigen keselutuh jaringan tubuh. Glisin dalam tubuh bertugas untuk menjaga produksi hemoglobin sehingga kadarnya bisa memenuhi kebutuhan tubuh untuk menjalankan fungsinya.

Itulah mengapa meskipun glisin ditemukan dalam jumlah yang sedikit namun perannya sangat besar bagi tubuh. Mengkonsumsi makanan kaya akan asam amino penting dilakukan agar kebutuhan harian tubuh kita akan nutrisi dan gizi baik terpenuhi. Namun perlu diingat bahwa tubuh bisa memproduksi sendiri glisin sesuai dengan kebutuhan. Maka konsumsi makanan kaya akan glisin perlu diperhatikan pula jumlahnya. Sebaiknya asupan glisin dari luar tidak lebih dari 45gram per harinya.

Jika Kelebihan dan Kekurangan Glisin

Jika terjadi kelebihan glisin maka bisa menimbulkan beberapa resiko gangguan kesehatan seperti:Terjadi penumpukan nitrogen di ginjal dan hati sehingga bisa berpotensi menyebabkan gangguan.Cepat lapar juga bisa menjadi salah satu gejala kelebihan glisin. Peran glisin sebagai pemecah protein menjadi energi dapat mempercepat proses metabolisme sehingga membuat kita mudah kelaparan.

Sementara itu, kondisi kekurangan glisin mungkin saja terjadi pada beberapa orang. Hal ini tentunya tidak baik dan bisa juga menimbulkan beberapa gangguan kesehatan seperti :

  • Anemia, karena glisin berperan dalam pembentukan hemoglobin atau sel darah merah.
  • Gangguan kulit seperti keriput, kusam, luka sulit sembuh, dan tidak elastis. Hal ini karena glisin merupakan komponen terbesar dalam kolagen.
  • Cepat lelah, hal ini karena glisin merupakan salah satu komponen yang merubah glukosa dan karbohidrat menjadi energi.

Dengan begitu bisa kita simpulkan bahwa meskipun glisin diproduksi oleh tubuh namun kita dianjurkan untuk tetap mengkonsumsi makanan kaya akan asam amino termasuk glisin. Dengan begitu kecukupan tubuh akan Glisin akan terjamin. Meskipun Manfaat Glisin untuk Tubuh tak bisa dipungkiri lagi namun, konsumsi makanan tersebut tetaplah harus dengan porsi yang seimbang sehingga mencegah terjadinya gangguan kesehatan yang terjadi karena kelebihan glisin.