4 Tips Cegah Dehidrasi Saat Puasa

Posted on

Cegah Dehidrasi Saat Puasa – Salah satu masalah yang biasanya datang ketika puasa adalah, dehidrasi. Dehindrasi sendiri biasanya di timbulkan karena kurangnya kebutuhan cairan di tubuh, Dehidrasi rentan mudah menyerang saat puasa. Ketika seseorang mengalami dehidrasi tubuh akan terasa lemas, susah konsentrasi, mengantuk bahkan dapat membahayakan nyawa.

4 tips cegah dehidrasi saat puasa
ilustrasi dehidrasi ( image by : google.com )

Ketika berpuasa, tubuh tidak mendapatkan asupan cairan lebih dari 12 jam setiap harinya. Salah satu cara mengatasinya kita perlu menyiasati dengan mendapatkan asupan cairan yang berkelanjutan pada saat berbuka hingga sahur. Walaupun puasa tubuh tetap membutuhkan cairan seperti biasa antara meminum 5-8 gelas air putih setiap hari. Tetapi walaupun demikian kita masih bisa mencegah terkena dehidrasi, dengan cara.

4 Tips mencegah dehidrasi menyerang saat puasa.

1. Asupan Cairan Lebih rinci

Seperti yang dibahas di atas, setiap hari tubuh dianjurkan untuk meminum 8 gelas air putih per hari untuk memenuhi kebutuhan cairan. Saat puasa, aturan 8 gelas juga masih berlaku, namun tentunya dengan penyesuaian meminumnya. Dari jam berbuka puasa hingga sahur.

Caranya, minum 2 gelas air putih saat/setelah berbuka , 2 gelas saat makan malam, 2 gelas sebelum tidur, 2 gelas saat sahur.

2. Konsumsi Buah dan sayur

Mendapatkan asupan yang sehat juga penting ketika puasa, Menu makanan sehat saat berbuka puasa dan sahur juga penting untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Asupan sehat bisa berupa buah-buahan dan sayur, terutama yang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, karena serat dapat membantu mempertahankan cairan tubuh lebih lama.
Menu makanan saat berbuka puasa dan sahur sangat penting untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Asupan sayur dan buah, terutama saat sahur, mengandung banyak serat yang dapat menahan cairan tubuh lebih lama.

Buah yang biak dan memiliki serat banyak yang pas di santap saat berbuka puasa adalah seperty seperti semangka, melon dan pepaya juga cocok.

3. Hindari aktivitas luar ruangan

Kegiatan yang dapat menyebabkan Anda mengalami dehidrasi salah satunya adalah aktivitas luar ruangan yang dapat menyebabkan kita terkena panas sinar matahari berlebih. Panas sinar matahari dapat membuat kita kehilangan cairan tubuh cukup banyak. Jadi lebih baik menghindari kegiatan luar ruangan.

4. Jangan rakus

Ketika berbuka puasa orang berfikir bahwa mereka merasa lapar, padahal menurut pakar, rasa lapar yang muncul tersebut belum tentu karena kekurangan makanan tetapi karena kekurangan cairan. Oleh karena itu hindari terlalu banyak makan berlebih saat berbuka agar tubuh juga mendapat asupan cairan yang cukup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.