12 Makanan Penangkal Anemia Saat Hamil

Posted on

Anemia merupakan salah satu kondisi yang di akibatkan karena turun nya jumlah sel darah merah atau jumlah normal hemoglobin di dalam darah. Anemia juga dapat menyerang ibu – ibu hamil, pastinya akan membuat keada’an menjadi susah dan tidak nyaman. Jadi untuk mengatasi hal tersebut para ibu hamil harus tetap menjaga asupan gizi agar tidak kekurangan vitamin,folat zat besi yang merupakan penyebab utama terjadinya anemia selama kehamilan.makanan dan minuman yang dapat menangkal anemia pada ibu hamil copy

Banyak rumor dan perbincangan membahas bahwa anemia selama masa kehamilan di kaitkan dengan peningkatan risiko kelahiran yang prematur dan rendahnya bobot bayi saat lahir. pastinya semua ibu hamil tidak menginginkan hal tersebut terjadi kan? Maka dari itu sangat penting bagi para ibu hamil untuk memperhatikan apa saja yang di konsumsu , dan memperbanyak makanan yang kaya vitamin C untuk meningkatkan penyerapan zat besi. perlu di ingat juga selain menjaga konsumsi, serta menghindari makanan dan minuman yang dapat mengurangi penyerapan zat besi seperti teh dan kopi & Susu.

Untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat membantu menangkal datang nya Anemia :

Pisang

Buah pisang adalah salah satu makanan yang mengandung cukup banyak zat besi dan mineral. Makan pisang saat sarapan dapat menjadi pilihan tepat untuk mengobati atau mencegah anemia selama kehamilan.

Kurma

Buah kurma meruapakan salah satu makanan yang bagus juga untuk menangkal anemia . karena buah kurma memiliki kemampuannya dalam meningkatkan produksi hemoglobin. Anda bisa mengonsumsi kurma sebagai camilan manis yang dapat meningkatkan produksi darah merah.

Oatmeal

Makanan ini sangat pas di nikmati di saat kapanpun, Oatmeal dapat melawan anemia selama kehamilan. Selain mudah dicerna, oatmeal dapat memberikan mineral yang diperlukan tubuh, bersama dengan zat besi.

Kacang-kacangan

Berbagai macam Kacang-kacangan juga merupakan sumber zat besi yang dapat menangkal anemia. Ini juga bisa menjadi camilan sehat yang menemani Anda saat bekerja atau beraktivitas di rumah. ( baca juga : 4 macam kacang – kacangan dengan manfaat baik untuk tubuh )

Brokoli

Brokoli adalah sayuran berdaun hijau yang baik dikonsumsi saat hamil. Ini adalah sumber vitamin, zat besi dan folat.

Daging merah

Daging merah dapat membantu Anda mendapatkan cukup zat besi untuk memerangi anemia selama kehamilan. Kandungan zat besi dari sumber hewani lebih mudah diserap daripada sumber nabati.

Bayam hijau

Bayam merupakan makanan yang sangat bagus untuk dinikmati oleh para ibu hamil. Bayam memiliki banyak kandungan zat besi dan folat yang dapat membantu menangkal anemia selama kehamilan.

Delima

Buah delima juga sumber makanan yang kaya zat besi. Sertakan buah delima dalam menu harian anda setiap hari baik itu di nikmati saat setelah makan ataupun camilan setiap hari, selain itu sudah banyak sekali yang membahas bahwa kandungan yang dapat di dapatkan dari buah delima baik untuk segala macam penyakit terutama anemia selama kehamilan.

Kismis

Kismis adalah buah anggur yang dikeringkan. Kismis juga pilihan yang tepat untuk melawan anemia selama kehamilan , karena banyak kandungan dari kismis baik untuk melawan anemia selama kehamilan. seperti  Zat Besi dan vitamin B.

Kuning telur.

Kuning telur mengandung banyak zat besi. Mengonsumsi telur dapat membantu menjaga hemoglobin tetap dalam jumlah normal. sehingga anemia pun terhindarkan .

 

Madu

Jika Anda mengalami anemia selama kehamilan, sertakan madu dalam menu harian Anda. Madu adalah sumber zat besi yang dapat melawan anemia. dapat di campurkan minuman sebagai pemanis ataupun mengkonsumsinya.

Jus jeruk

Jus jeruk merupakan sumber vitamin C, yang dapat membantu dalam penyerapan zat besi. Mengonsumsi vitamin C dapat membantu memerangi anemia selama kehamilan.
Itulah dia 12 makanan dan minuman yang dapat membantu menangkal Anemia selama kehamilan . semoga dapat membantu ..
Sumber : merdeka